Monumen Kapal Selam


Buat teman-teman yang tinggal di Surabaya, tempat ini pasti sudah tidak asing lagi. Tepat di sebelah Mal Surabaya terdapat sebuah kapal selam yang difungsikan sebagai museum. Museum ini dikenal dengan nama Monkasel (Monumen Kapal Selam). Monumen ini sebenarnya adalah kapal selam Indonesia yang pertama, Pasopati 410. Pasopati 410 adalah jenis kapal selam Rusia yang dibangun di Vladivostok Rusia pada tahun 1952. Kapal ini kemudian dibeli Indonesia pada tahun 1962. Kapal selam ini bersejarah karena memegang peranan penting dalam Operasi Mandala (operasi untuk membebaskan Papua yang saat itu bernama Irian Barat). Kapal selam ini juga turut serta dalam pertempuran di Laut Aru yang melibatkan KRI Macan Tutul yang dipimpin oleh Laksamana Yos Sudarso. Kapal ini berhenti dioperasikan pada tahun 1990.

Pada tahun 1995, Gubernur Surabaya memutuskan untuk menjadikan kapal ini sebagai museum. Untuk memindahkannya ke lokasi sekarang kapal selam ini dipotong menjadi 16 bagian dan kemudian disambungkan kembali setelah tiba di lokasinya sekarang.

Di Monumen yang terletak di Jalan Raya Gubeng Surabaya ini teman-teman bisa melihat-lihat bagian dalam kapal selam. Monumen ini buka setiap hari mulai jam 08.00 hingga jam 21.00 WIB. Untuk masuk tiket yang harus dibayar hanya Rp5.000,00.

0 comments:

Posting Komentar